Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« May 2018 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online19
mod_mod_visitcounterHits918783
mod_mod_visitcounterToday320
mod_mod_visitcounterYesterday2152
mod_mod_visitcounterThis week5101
mod_mod_visitcounterThis month35356
mod_mod_visitcounterAll days1286586

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Membantu Dosen Publikasikan Penelitiannya

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Membantu Dosen Publikasikan PenelitiannyaWorkshop Penulisan Artikel Ilmiah Membantu Dosen Publikasikan Penelitiannya

Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta bersama Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) menggelar Workshop on Multidisciplinary and Applications (WMA) atau workshop Penulisan Artikel di Kampus UBL, Petukangan Utara, Ciledug, Jakarta Selatan, Sabtu (20/1). Dari kegiatan ini, sekitar 60 paper didiskusikan oleh para dosen. Kegiatan yang bertema: Article Writing Strategy for Internationally Indexed Multidisciplinary Publication ini menghadirkan sejumlah pemateri seperti Darmawan Napitupulu (Article Writing for International Publication), Dwi Fajar Saputra (Citation & Mendeley), dan Itsar Bolo Rangka (Similarity & Paraphrase).

Turut hadir pula, antara lain Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat UBL, FX Suwarto, Wakil Direktur Riset Penelitian UBL, Umaimah Wahid, dan Deputi Rektor Bidang Riset PPM dan Penjaminan Mutu, Krisna Adiyarta. Krisna turut menggagas acara ini untuk meningkatkan publikasi para dosen UBL sekaligus membangun semangat publikasi di kalangan dosen UBL.

Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat UBL, FX Suwarto, mengapresiasi komunitas KO2PI yang telah bekerja sama dengan Universitas Budi Luhur dalam melaksanakan kegiatan workshop publikasi tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu para dosen dalam mempublikasikan hasil penelitiannya. “Ini juga
sekaligus meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah khususnya di lingkungan civitas akademika,” kata Suwarto.

Dia menjelaskan, pihak rektorat berharap agar WMA dapat diselenggarakan secara berkesinambungan ke depannya dalam rangka meningkatkan target capaian penelitian dan publikasi institusi. Sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Ketua Panitia Kegiatan, Darmawan Napitupulu, yang juga tampil sebagai pembicara mengemukakan, kegiatan ini diikuti sedikitnya 60 peserta yang datang dari berbagai daerah. Selain Jakarta ada Tangerang, Bandung, Tegal, Surakarta, Surabaya, Makasar dan Kupang. Menurutnya, dosen harus mempersiapkan diri untuk belajar menulis dan menjadikan kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah ini sebagai suatu kebutuhan dalam pengembangan karier dan keilmuannya. “Sehingga workshop penulisan artikel benar-benar dapat membantu meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel yang baik dan benar,” jelasnya.

Sementara Dwi Fajar Saputra menyampaikan materi terkait situasi dan mendeley sangat berguna untuk mengikuti gaya publikasi dari penerbit yang berbeda-beda. “Dengan demikian penulis tidak perlu lagi mengubah dan mengatur ulang secara manual sitasi dan reference-nya, tapi hanya tinggal memilih style reference saja,” tandas Dwi.

Sumber : ko2pi.org

Berita Terkait : KO2PI