Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« May 2017 »
M S S R K J S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online25
mod_mod_visitcounterHits1170432
mod_mod_visitcounterToday1482
mod_mod_visitcounterYesterday2192
mod_mod_visitcounterThis week7086
mod_mod_visitcounterThis month37546
mod_mod_visitcounterAll days365790

Pertumbuhan Ecommerce Indonesia Diharapkan Menjadi Penggerak Perekonomian

Pertumbuhan Ecommerce Indonesia Diharapkan Menjadi Penggerak PerekonomianPertumbuhan Ecommerce Indonesia Diharapkan Menjadi Penggerak Perekonomian

Perkembangan ecommerce di Indonesia, pada saat ini bisa kita katakan tumbuh degan pesat. Terbukti dengan begitu banyaknya e-commerce yang hadir ditengah-tengah masyarakat dan menwarkan kelebihannya masing-masing. Pertumbahan e-commerce juga membuat para toko retail menjajahkan barang mereka melalui internet, dan membuat website mereka sendiri. Dengan semua kemajuan ini, menjadikan e-comerce sebagai trend yang berkembang dalam masyarakat. Ecommerce memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk brbelanja dengan efektif dan efisien. Faktor penting lainnya yang membuat e-commerce tumbuh di Indonesia adalah jumlah pengguna internet yang terus meningkat. Menurut Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2014 terdapat  88.1 juta jiwa pengguna internet, hal ini mengalami penigkatan 34.9% dari tahun sebelumnya dengan total pengguna nternet sekitar 71.19 juta jiwa dan terus diprediksi akan terus bertambah samapi tahun. Dari survey tersebut, pada tahun 2014 terdapat  27% pengguna internet yang pernah berbelanja online dan ada sekitar 34% pengguna internet yang mencari informasi mengenai jasa/produk yang akan dibeli .

Dengan perkembangan yang begitu pesat ini menjadikan ecommerce sebagai bisnis yang menjanjikan, dan menyebabkan banyaknya investor yang berinvestasi pada e-commerce Indonesia. Investor mulai percaya bahwa bisnis e-commerce di Indonesia akan terus berkembang begitu pesat.  Saat ini bukan hanya sekedar investor yang mulai berdatangan, bahkan perusahaan asing mulai mengakusisi ecommerce di Indonesia.

Selain itu, ada juga yang dari awal kehadirannya sudah bermitra dengan perusahaan asing untuk memasuki pasar ecommerce Indonesia. Seperti ecommerce Indonesia blanja.com, blanja.com sendiri merupakan hasil joint venture antara perusahaan Telkomsel dengan perusahaan raksaksa e-commerce dunia eBay. Kehadiran blanja.com memberikan warna baru pada pasar e-commerce Indonesia, melihat bahwa saat ini belum banya perusahaan e-commerce yang secara langsung bermitra dengan perusahaan lain.

Dalam persaingan ecommerce yang begitu ketat, blanja.com ingin menawarkan e-commerce dengan pelayanan terpercaya dan kemudhan dalam berbelanja. Meskipun Blanja.com dibawah naungan eBay, konsep bisnis Blanja.com tidak mengikuti induknya. Para seller yang ingin berjualan di blanja.com harus memiliki ijin resmi dari pemerintah dan hanya boleh menjual barang barang baru. Konsep yang diterapkan tersebut merupakan cara yang lebih ampuh untuk meminimalisasi penipuan oleh pihak seller. 

Kehadiran blanja.com juga membantu para UKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan kampanye yang dilakukan blanja.com agar UKM goes online. Kampanye tersebut dilakukan agar UKM mulai menjajahan barangnya secara online, dan membuat pertumbuhan UKM terus tumbuh lebih berkembang.

Walaupun saat ini e-commerce di Indonesia masih pada tahap yang belum berjalan lama, namun  dengan perkembangan yang terus tumbuh pada e-commerce Indonesia, e-commerce bisa menjadi penggerak perekonomian bangsa. Diringi dengan semakin berkembangnya usaha industri kecil dan menengah, diharapkan akan meningkatnya pendapatkan dan taraf hidup rakyat serta naiknya tingkat kecerdasan bangsa Indonesia, diharapkan dengan pengimplementasian e-commerce dengan baik dan benar dapat membantu meringankan dan mengurangi problem pada perekonomian Indonesia.

Berita Terkait : Berita Terkini