Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« May 2017 »
M S S R K J S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online23
mod_mod_visitcounterHits1170448
mod_mod_visitcounterToday1483
mod_mod_visitcounterYesterday2192
mod_mod_visitcounterThis week7087
mod_mod_visitcounterThis month37547
mod_mod_visitcounterAll days365791

Ketemu Apple, Menkominfo Sampai Rapat Dua Kali

Ketemu Apple, Menkominfo Sampai Rapat Dua KaliKetemu Apple, Menkominfo Sampai Rapat Dua Kali

Meskipun gagal dinner bersama Tim Cook sang CEO Apple, namun Menkominfo Rudiantara masih menyambut positif pertemuan dengan tim dari Apple di Silicon Valley, Amerika Serikat. Bahkan, pertemuan itu sampai harus digelar dua kali.

Pertemuan pertama dilakukan saat makan malam di kantor pusat Apple, di Infinite Loop, Cupertino, California, AS. Dalam agenda itu, seharusnya Tim Cook hadir. Namun suksesor Steve Jobs itu berhalangan.

"Cuma Tim Cook saja yang cancel. Jadi saya ketemunya sama Jeff Williams (Senior Vice President of Operations Apple)," ungkap Menteri Rudiantara saat ditemui detikINET di gedung Kemenkominfo, Rabu (4/11/2015).

Dalam pertemuan ini, Apple tak membuka omongan soal membangun pabrik. Meski demikian, mereka membahas rencana Apple untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan aplikasi iOS di Indonesia dalam waktu dekat.

Untuk urusan ini, Apple akan menanamkan investasi dan berkerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia. Pusat pengembangan Apple seperti ini sebelumnya sudah dilakukan di Brasil. Jika pusat pengembangan Apple jadi berdiri di Indonesia, ini akan menjadi yang pertama di Asia.

"Untuk R&D dengan Apple masih dihitung, saya kan Kamisnya masih rapat dengan mereka. Dua kali rapat. Mereka commit dan akan saya sampaikan ke Menteri Perindustrian (Saleh Husin) karena R&D ini bagian dari upaya strategis di Kemenperin," lanjut Chief RA, panggilan akrab Rudiantara.

Selain Menkominfo, pertemuan itu juga dihadiri oleh pejabat tinggi negara dari Indonesia seperti Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Dalam pernyataan yang sebelumnya disampaikan Kepala BKPM, mereka membahas kemungkinan Apple dan Pemerintah Indonesia untuk lebih berperan dalam penambangan timah yang aman dan ramah lingkungan di Bangka Belitung.

Timah merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan gadget Apple seperti iPhone dan iPad. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan penghasil timah terbesar di dunia.

Namun untuk urusan timah ini, Menkominfo tak ikut membahasnya karena bukan bagian dari tugasnya. Fokusnya hanya dari sisi pengembangan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) urusan brainware.

"Saya nggak bicara soal timah. Lagian timah bukan urusan saya," pungkas Chief RA.

(rou/ash)

Sumber : detik.com

Berita Terkait : Apple