Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« Dec 2020 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online56
mod_mod_visitcounterHits25783407
mod_mod_visitcounterToday5883
mod_mod_visitcounterYesterday6432
mod_mod_visitcounterThis week12315
mod_mod_visitcounterThis month5883
mod_mod_visitcounterAll days5025947

Dr Dahlan Abdullah Hadiri Simposium Cendekia Kelas Dunia

Dr Dahlan Abdullah Hadiri Simposium Cendekia Kelas DuniaDr Dahlan Abdullah Hadiri Simposium Cendekia Kelas Dunia

Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Dr Dahlan Abdullah, mengikuti Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) 2019 di Jakarta, 22 23 Agustus 2019. Kehadiran Dahlan dalam ajang yang diikuti para ilmuan berprestasi tersebut memberikan nilai lebih tersendiri bagi Unimal.

SCKD merupakan program unggulan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti yang bekerja sama dengan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), dan Direktorat Jenderal Diplomasi dan Informasi Publik, Kementerian Luar Negeri. Simposium tersebut mengundang ilmuwan diaspora Indonesia dari berbagai perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan ilmu pengetahuan terbaik di berbagai belahan dunia.

 

Menurut Dahlan Abdullah, dirinya terpilih menjadi salah satu ilmuwan dari sekitar 2.500 calon peserta yang mendaftar di website diaspora Kemenristekdikti. Para ilmuwan diaspora terpilih dalam program SCKD 2019 merupakan ilmuwan diaspora yang telah memberi sumbangsih tinggi bagi ilmu pengetahuan negeri, yang memiliki rekam jejak akademik mumpuni, bahkan mampu meraih sederet prestasi yang karyanya diakui di tingkat dunia.

 

Format penyelenggaraan SCKD 2019 tidak jauh berbeda dari program sebelumnya, yakni ilmuwan diaspora terpilih akan dikirim ke berbagai perguruan tinggi negeri untuk dipertemukan langsung dengan masyarakat, ilmuwan, akademisi, hingga pejabat perguruan tinggi.

 

“Mereka berkolaborasi, menciptakan karya bermutu dan berdaya saing tinggi, yang memiliki impak berkelanjutan, serta diakui oleh dunia keilmuan internasional,” kata Dahlan Abdullah, Jumat (23/8/2019).

 

Dahlan yang juga Kepala Unit Pelayanan Teknik Pengembangan Program Studi, merupakan dosen yang memiliki h-index Scopus tertinggi di Unimal (h-index 9). Selama ini Dahlan sangat aktif sebagai penulis paper bereputasi nasional dan internasional serta sering diundang sebagai keynote speaker atau pemateri untuk kegiatan pelatihan, workshop, seminar, atau konferensi baik yang berskala nasional maupun internasional.

 

Kegiatan SCKD yang dilangsung di Jakarta antara lain diisi dengan berbagai materi seperti kuliah umum World Academic Leader dari Prof Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Selain itu, juga ada materi yang disampaikan Prof. Subra Suresh (Presiden Nanyang Technological University, Singapore), Prof Wolfgang A. Herrmann (Rektor Technischen Universität München, Germany), Prof Kadarsyah Suryadi (Rektor Institut Teknologi), serta banyak ilmuwan terkemuka lainnya.

 

Dari Indonesia, juga hadir mantan Wakil Presiden Indonesia, Prof Budiono, yang membahas tentang Perencanaan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi Indonesia, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Pur) Moeldoko, serta Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Yanuar Nugroho yang bertindak sebagai moderator.

 

Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra, memberikan apresiasi atas kehadiran Dahlan Abdullah dalam even ilmuawan internasional tersebut dan menjadi bagian dari proyek menuju Unimal hemat pada 2020 mendatang.[ayi]

Sumber : http://news.unimal.ac.id/index/single/446/dr-dahlan-abdullah-hadiri-simposium-cendekia-kelas-dunia



Berita Terkait : Berita Terkini