Video Terkini

Polling Website

Apa Merk Laptop anda ?

Artikel Terakhir

Calendar

« Jun 2017 »
M S S R K J S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online32
mod_mod_visitcounterHits1858824
mod_mod_visitcounterToday619
mod_mod_visitcounterYesterday2651
mod_mod_visitcounterThis week18171
mod_mod_visitcounterThis month60838
mod_mod_visitcounterAll days440923

Allo Pintar dan Seru, WhatsApp Patut Waspada!

Allo Pintar dan Seru, WhatsApp Patut Waspada!Allo Pintar dan Seru, WhatsApp Patut Waspada!

WhatsApp dan iMessage tampaknya harus hati-hati, sebab Google baru saja merilis Allo. Aplikasi ini tak sekadar berkirim pesan, tapi lebih dari itu.

Allo diperkenalkan di ajang Google I/O 2016 pada Mei silam bersama dengan Duo. Aplikasi Duo lebih dulu memulai debutnya pada Agutus lalu. Selang sebulan Allo mengikuti jejak aplikasi video chat tersebut.

Meski sudah dirilis resmi, pantauan detikINET aplikasi ini belum menyambangi Android dan iOS region Indonesia. Kami pun sempat membuka App Store region Amerika, namun Allo juga tidak tampak batang hidungnya.

DetikINET akhirnya dapat mengunduh Allo di toko aplikasi Android pihak ketiga. Kami pun langsung menginstalnya.

Seperti halnya Duo, instalasi Allo cukup mudah. Kita hanya diminta memasukkan nomor telepon dan mengizinkan akses ke kontak serta kamera. Setelah itu aplikasi ini sudah dapat langsung digunakan.

Google membuat tampilan Allo cukup sederhana. Layar utama hanya menampilkan kontak yang tengah melakukan percakapan. Ada pula sejumlah tombol yang ada di atas dan bawah.

Di bagian atas kanan ada tombol pencarian. Sementara di bagian kiri terdapat tombol penyetingan.

Bila ingin memulai percakapan, kita tinggal menekan tombol berwarna hijau di bagian bawan. Selain memilih kontak, Allo menyediakan opsi pembuatan grup, incognito chat dan melakukan percakapan dengan Google Assistant.

Setelah memilih kontak, kita dapat memulai percakapan. Nah, di sinilah mulai terasa keseruannya.

Awalnya detikINET mengira aplikasi ini tidak jauh berbeda dari Hangout. Rupanya salah, Allo memiliki banyak fitur yang membuat percakapan makin interaktif.

Setelah mengetik pesan, kita tekan dan tahan tombol panah di bagian kanan. Akan ada bar yang memungkinkan kita menaikturunkan tombol geser ke atas untuk membesarkan huruf. Atau geser ke bawah untuk mengecilkan ukuran huruf.

Tekan tombol plus di bagian kiri pengetikan pesan. Ada sejumlah opsi yang tersedia. Kita dapat memilih kamera atau galeri untuk mengirimkan foto.

Google menambahkan satu fitur menarik. Jadi sebelum mengirim foto, ada tombol bergambar pencil. Saat menekan tombol tersebut, kita dapat menambahkan coretan pada foto tersebut.

Allo turut pula menyediakan tombol stiker. Saat peluncuran, Google sudah memberikan 29 stiker yang dapat di-download gratis. Bukan tidak mungkin jumlahnya akan bertambah ke depannya. Ada pula tombol berbagi lokasi yang terintegrasi dengan Google Maps.

Kemampuan Allo tidak sebatas itu. Google telah mengintegrasikan asisten digital di dalamnya yang membuat aplikasi ini lebih pintar. Kita bisa menggunakannya dengan menekan Google Assistant di layar percakapan utama.

Fitur ini cukup menarik, sebab Google Assistant dapat melakukan percakapan dua arah. Jadi terasa lebih interaktif ketimbang Google Now.

Kita dapat menanyakan dan meminta apapun. Misalnya menanyakan cuaca hingga membuka email. Semua jawaban ditampilkan langsung di halaman percakapan.

Asisten digital ini pun dapat diajak bermain game. Ketik saja "Main game", Google Assistant akan menampilkan pilihan permainan. detikINET coba memainkan Emoji Movie, yakni game menebak judul film dengan petunjuk emoji.

Menariknya semua kemampuan Google Asistant di atas, bisa dihadirkan di percakapan personal ataupun grup. Kita cukup membubuhkan @Google, lalu ketik apa yang diinginkan.

Kita dapat bertanya tempat makan, penerbangan ke sebuah kota atau bermain games seperti di atas. Seru bukan? Bila Anda tertarik mencoba dan tidak sabar menunggu di Play Store atau App Store dapat mengunduh Allo di toko aplikasi pihak ketiga.

(afr/ash)


Sumber : detik.com

Berita Terkait : Berita Terkini